-->

Jarak titik B ke diagonal ruang AG adalah...cm

Topik Bahasan
Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $12$ cm. Jarak titik $B$ ke diagonal ruang $AG$ adalah...cm
$\begin{align} (A)\ & 5\sqrt{3} \\ (B)\ & 6\sqrt{3} \\ (C)\ & 3\sqrt{6} \\ (D)\ & 4\sqrt{6} \\ (E)\ & 6\sqrt{6} \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan kubus $ABCD.EFGH$ dan titik tambahan yang diperlukan untuk menentukan jarak titik $B$ ke garis $AG$ seperti keterangan pada soal maka akan kita peroleh seperti berikut ini:

Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $12$ cm. Jarak titik $B$ ke diagonal ruang $AG$ adalah

Pada gambar di atas proyeksi titik $B$ ke garis $AG$ kita misalkan dengan $B'$ sehingga jarak titik $B$ ke $AG$ adalah $BB'$.

Dengan panjang rusuk $12$ maka $AG$ yang merupakan diagonal ruang kubus sehingga $AG=12\sqrt{3}$ dan $BG$ yang merupakan diagonal bidang kubus sehingga $BG=12\sqrt{2}$. Dengan menggunakan luas segitiga siku-siku $ABG$ kita peroleh:
$ \begin{align} \left[ ABG \right] & = \left[ ABG \right]\\ \dfrac{1}{2} \cdot AG \cdot BB' & = \dfrac{1}{2} \cdot AB \cdot BG \\ 12\sqrt{3} \cdot BB' & = 12 \cdot 12\sqrt{2} \\ BB' & = \dfrac{ 12\sqrt{2} }{ \sqrt{3}}= 4\sqrt{6} \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ 4\sqrt{6}$

.

Semoga pembahasan soal Jarak titik B ke diagonal ruang AG adalah...cm ini bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau soal yang ingin di bahas bisa pilih menu tanya soal. Terima kasih dan sampai jumpa di masalah masalah berikutnya guys.

Cari Soal dan Pembahasan tentang

Loading...