-->

Contoh Soal Cerita SPLTV

Topik Bahasan
Contoh Soal Cerita SPLTV
Soal 1 Sebuah bilangan yang terdiri atas 3 angka. Jumlah ketiga angkanya sama dengan 16. Jumlah angka pertama dan angka kedua sama dengan angka ketiga dikurangi dua. Nilai bilangan itu sama dengan 21 kali jumlah ketiga angkanya kemudian ditambah dengan 13. Carilah bilangan itu.

Pembahasan:
Misalkan angka angka pada bilangan tersebut a, b,c
(i) Jumlah ketiga angkanya sama dengan 16
a+b+c=16

(ii) Jumlah angka pertama dan angka kedua sama dengan angka ketiga dikurangi dua
a+b=c-2
a+b-c=-2

(iii)Nilai bilangan itu sama dengan 21 kali jumlah ketiga angkanya kemudian ditambah dengan 13
Nilai bilangan tersebut 100a+10b+c. Karena pada digit bilangan abc = a sebagai ratusan, b sebagai puluhan dan c sebagai satuan.
100a+10b+c=21(a+b+c)+13
79a-11b-20c=13

Sekarang anda bisa melakukan eliminasi/subtitusi pada 3 persamaan di atas. Lebih mudah gunakan Kalkulator Menghitung Penyelesaian SPLTV. jika Anda lakukan dengan benar akan diperoleh:
a= 3, b=4 dan c=9.

Soal 2. Diketahui tiga bilangan p, q, dan r. Rata-rata dari ketiga bilangan itu sama dengan 16. Bilangan kedua ditambah 20 sama dengan jumlah bilangan lainnya. Bilangan ketiga sama dengan jumlah bilangan yang lain dikurang empat. Tentukan bilangan bilangan tersebut...
Jawaban: p=12 ; q=14 ; r =22.

Soal 3. Suatu bilangan terdiri atas tiga angka. Jumlah ketiga angka itu sama dengan 9. Nilai bilangan itu sama dengan 14 kali jumlah ketiga angkanya. Angka ketiga dikurangi angka kedua dan angka pertama sama dengan 3. Temukan bilangan bilangan tersebut.
Jawab:
Bilanngan tersebut 1,3,6

Kuncinya disini adalah bagaimana anda bisa memahami kalimat dan membuat model matematika berbentuk persamaan..

Semoga pembahasan soal Contoh Soal Cerita SPLTV ini bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau soal yang ingin di bahas bisa pilih menu tanya soal. Terima kasih dan sampai jumpa di masalah masalah berikutnya guys.

Cari Soal dan Pembahasan tentang

Loading...