-->

Soal Tes CPNS 'Memahami Teks' dan Pembahasan

Topik Bahasan
Seni, seperti juga kata-kata adalah suatu bentuk komunikasi. Kata-kata, baik lisan maupun tulisan, menyediakan akses kepada umat manusia dari generasi ke generasi. Semua pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman dan penghayatan, baik dari generasi-generasi sebelumnya maupun dari pemikir terbaik dan terdepan di masanya.

Seni menyediakan akses kepada umat manusia pada generasi- generasi berikutnya semua perasaan-perasaan yang dialami oleh pendahulu mereka, dan perasaan- perasaan yang para seniman terbaik dan terdepan di masanya. Sebagaimana evolusi pengetahuan terjadi dengan memindahkan dan mengganti apa yang salah, demikian juga evolusi perasaan melalui seni. Perasaan-perasaan yang kurang baik dan kurang penting bagi keberadaan tersebut. Inilah tujuan dari seni, semakin dekat seni mencapai tujuan tersebut semakin baik seni tersebut.

1. Pengarang mengembangkan teks tersebut terutama dengan cara….
a. teori dan penolakan
b. contoh dan generalisasi
c. pembandingan dan pembedaan
d. liferensi dan deduksi

2. Menurut pengarang, pengetahuan adalah ….
a. Evolusioner dan emosional
b. Kumulatif dan progesif
c. Dinamis dan siklikal
d. Praktis dan tanpa arah

3. Menurut teks tersebut, seni dicirikan oleh mana dari hal-hal berikut?
I. Seni tidak pernah buruk
II. Seni memurnikan perasaan mendalam manusia.
III. Seni menyimpan untuk generasi- generasi berikutnya pengalaman dari generasi-generasi sebelumnya.

a. I saja c. II saja
b. III saja d. II dan III saja

Pembahasan:
1. Dalam kalimat pertama (pokok), pengarang membandingkan antara seni dan kata-kata sebagai suatu bentuk komunikasi. Pengarang kemudian mengembangkan tulisannya dengan menjelaskan tentang perbedaan antara kata-kata, dan seni.
Jawaban: c
 
2. Dalam teks tersebut pengarang menyatakan bahwapengetahuandiperolehdariakumulasi pengalaman dan penghayatan, baik dari generasi-generasi sebelumnya maupun dari pemikir terbaik dan terdepan di masanya (progresif).
Jawaban: b
3. Pernyataan II dapat disimpulkan dari kalimat ke-5. Pernyataan III dapat disimpulkan dari kalimat ke-3.
Jawaban: d

.

Semoga pembahasan soal Soal Tes CPNS 'Memahami Teks' dan Pembahasan ini bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau soal yang ingin di bahas bisa pilih menu tanya soal. Terima kasih dan sampai jumpa di masalah masalah berikutnya guys.

Cari Soal dan Pembahasan tentang

Loading...