-->

Jarak dari titik A ke bidang CDEF sama dengan jarak titik A ke...

Topik Bahasan
Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $12\ cm$. Jarak dari titik $A$ ke bidang $CDEF$ sama dengan jarak titik $A$ ke...
$\begin{align}
(A)\ & \text{titik tengah}\ \overline{ED} \\ (B)\ & \text{titik tengah}\ \overline{EF} \\ (C)\ & \text{titik pusat bidang}\ CDEF \\ (D)\ & \text{titik}\ E \\ (E)\ & \text{titik}\ D
\end{align}$
Penyelesaian:

Ilustrasi kubus $ABCD.EFGH$ dengan titik $A$ dan bidang $CDEF$ jika kita gambarkan seperti berikut ini:

Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPS Tahun 2019
Untuk mendapatkan jarak titik ke bidang, langkah pertama adalah memproyeksikan titik ke bidang sehingga garis proyeksi dan bidang mempunyai titik sekutu. Jarak titik sekutu dengan titik asal merupakan jarak titik ke bidang.

Pada gambar di atas titik $A$ adalah titik awal, dan jika titik $A$ kita proyeksikan ke bidang $CDEF$ diperoleh titik sekutu yang menembus bidang di titik kita misalkan $M$. Jarak titik $M$ ke $A$ atau panjang $AM$ adalah jarak titik $A$ ke bidang $CDEF$.

Titik $M$ berada pada $DE$, garis $AM$ adalah garis proyeksi pada bidang $CDEF$ sehingga $AM$ tegak lurus $DE$.

Jika garis $AM$ diperpanjang, sampai pada titik $H$ sehingga $M$ adalah titik potong diagonal $AH$ dan $DE$ sehingga $M$ merupakan titik tengah $ED$.

Jarak titik $A$ ke bidang $CDEF$ adalah $AM$ sama dengan jarak titik $A$ ke titik tengah $ED$.

$\therefore$ Jawaban yang tepat adalah $(A)\ \text{titik tengah}\ \overline{ED}$

.

Semoga pembahasan soal Jarak dari titik A ke bidang CDEF sama dengan jarak titik A ke... ini bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau soal yang ingin di bahas bisa pilih menu tanya soal. Terima kasih dan sampai jumpa di masalah masalah berikutnya guys.

Cari Soal dan Pembahasan tentang

Loading...