-->

Soal Tes CPNS Analogi dan Kunci Jawaban

Topik Bahasan
12. TRANSPORTASI : SEPEDA
a. Hutan  : Hewan
b. Pohon : Dahan
c. Mancung : Hidung
d      . Rambut : Ikal

13 PANTAI : PASIR
a. Langit  : Bintang
b. Bulan  : Matahari
c. Sungai : Ikan
d. Pohon : Hutan

14. MELATI : BUNGA : KEBUN
a. Harimau : Buas : Hutan
b. Ganggang : Hewan : Laut
c. Pesut : Ikan : Sungai
d. Jalak : Hutan : Burung

15. GULA : SEMUT
a. Bunga : Lalat
b. Sawah : Kerbau
c. Bangkai hewan : Burung gagak
d. Sungai : Ikan

16. BERAS : NASI : MAKAN
a. Air : Rebus : Minum
b. Roti : Terigu : Makan
c. Tembakau : Rokok : Jual
d. Susu : Yoghurt : Minum

17. VIRUS : PENYAKIT
a. Api : Kebakaran
b. Rokok : Menyala
c. Cat : Lukisan
d. Mobil : Kecelakaan

18. BATUR : GUNUNG
a. Sungai : Danau
b. Laut : Arafuru
c. Bengawan : Solo
d. Merkurius : Planet

19. LEBAH : MADU
a. Kuda : Lari
b. Belalai : Gajah
c. Sapi : Susu
d. Burung : Terbang

20. KANTUK : KEPENATAN = …..
a. mimpi : tidur
b. marah : kegeraman
c. muka : ekspresi
d. senyum : kegembiraan

12. Salah satu jenis transportasi adalah sepeda, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Rambut : Ikal, salah satu jenis rambut adalah ikal.
Jawaban: d

13. Di pantai berserakan pasir, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Langit : Bintang, karena di langit berserakan bintang.
Jawaban: a

14. Melati adalah jenis bunga yang biasa hidup di kebun, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Pesut : Ikan : Sungai, karena pesut adalah jenis ikan yang biasa hidup di sungai.
Jawaban: c

15. Gula biasa didatangi semut untuk dimakannya, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Bangkai hewan : Burung gagak, karena bangkai hewan biasa didatangi burung gagak untuk dimakannya.
Jawaban: c

16. Beras akan diproses hingga menjadi nasi untuk kemudian dimakan, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Susu : Yoghurt : Minum, karena susu akan diproses hingga menjadi yoghurt dan kemudian diminum.
Jawaban: d

17. Virus akan menyebabkan penyakit, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Api : Kebakaran, karena api akan menyebabkan terjadinya kebakaran. Jawaban: a

18. Batur adalah nama gunung, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Merkurius : Planet, karena Merkurius adalah nama planet.
Jawaban: d

19. Lebah menghasilkan madu, maka padanan hubungan dengan soal yang dimaksud adalah Sapi : Susu, karena sapi menghasilkan susu.
Jawaban: c

20. Hubungan antara kata Kantuk : Kepenatan = Kantuk disebabkan oleh Kepenatan. Pilihan jawaban yang mempunyai kesamaan dengan soal adalah Senyum : Kegembiraan, karena senyum disebabkan oleh kegembiraan. Jawaban: d

.

Semoga pembahasan soal Soal Tes CPNS Analogi dan Kunci Jawaban ini bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau soal yang ingin di bahas bisa pilih menu tanya soal. Terima kasih dan sampai jumpa di masalah masalah berikutnya guys.

Cari Soal dan Pembahasan tentang

Loading...