-->

Contoh Soal dan Pembahasan Hukum Perbandingan Tetap (Proust)

Topik Bahasan ,
Soal 1. Perbandingan unsur nitrogen dan unsur hidrogen pada pembentukan amonia sebesar 14 : 3. Jika 28 gram gas nitrogen dan 9 gram gas hidrogen direaksikan, maka tentukan:
a. massa amonia yang terbentuk;
b. zat yang tersisa dan banyaknya!

Pembahasan:
 Perbandingan massa nitrogen, (28 : 14 = 2) adalah 2 kali angka perbandingan, sedangkan hidrogen (9 : 3 = 3) adalah 3 kali angka perbandingan. Jadi, nitrogen habis bereaksi dan hidrogen bersisa.
$\begin{align} \text{a). massa amonia yang dihasilkan } & = \text{ massa nitrogen + massa hidrogen} \\ & = (2 \times 14) + (2 \times 3) \\ & = 28 + 6 \\ & = 34 \text{ gram } \end{align} $
Catt: 2 adalah angka paling kecil dari angka perbandingan.

b). massa hidrogen yang bereaksi $ = \frac{3}{14} \times 28 = 6 \, $ gram
atau
massa hidrogen yang bereaksi =$ 2 \times 3 = 6 \, $ gram
massa hidrogen sisa = 9 - 6 = 3 gram

Soal 2. Diketahui perbandingan massa kalsium dan oksigen dalam membentuk senyawa kalsium oksida adalah 5 : 2. Bila direaksikan 10 gram kalsium dan 12 gram oksigen, tentukan massa kalsium oksida (CaO) yang terbentuk dan sisa pereaksi!

Pembahasan:
.

Semoga pembahasan soal Contoh Soal dan Pembahasan Hukum Perbandingan Tetap (Proust) ini bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau soal yang ingin di bahas bisa pilih menu tanya soal. Terima kasih dan sampai jumpa di masalah masalah berikutnya guys.

Cari Soal dan Pembahasan tentang ,

Loading...